Prediksi Musim Hujan 2024/2025: Stasiun Klimatologi Kalbar Gelar Press Conference

BMKG
BMKG

Mempawah – ( POST KOTA ) : Stasiun Klimatologi Kalimantan Barat menggelar konferensi pers terkait prediksi musim hujan tahun 2024/2025 pada Senin, 30 September 2024. Acara ini dihadiri sejumlah pakar di bidang klimatologi dan perubahan iklim.

Luhur Tri Uji Prayitno, SP, M.Ling, selaku Kepala Stasiun Klimatologi Kalbar, menjadi keynote speaker dalam acara ini. Ia menyampaikan prediksi serta kondisi cuaca yang diperkirakan akan terjadi di wilayah Kalimantan Barat dalam beberapa bulan ke depan. Dalam sambutannya, Luhur menekankan pentingnya kesiapan masyarakat menghadapi perubahan iklim yang bisa berdampak pada sektor pertanian, infrastruktur, dan kesehatan.

Opening speech dalam acara ini disampaikan oleh Dr. A. Faachri Radjab, S.Si, M.Si, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim. Dalam pidatonya, Faachri menyoroti bagaimana perubahan iklim global turut memengaruhi pola hujan di Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Barat. Ia juga mengimbau pemerintah daerah serta instansi terkait untuk bersiap menghadapi berbagai dampak potensial dari musim hujan yang diprediksi lebih intens.

Fanni Aditya S.Si, M.Ling, seorang forecaster, dan Aulia Hajar Febriyanti, S.Tr., juga hadir sebagai narasumber untuk memberikan informasi teknis terkait prediksi cuaca yang telah dianalisis oleh BMKG. Mereka menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi cuaca di Kalimantan Barat, termasuk fenomena El Nino dan La Nina, serta memberikan panduan praktis bagi masyarakat untuk menghadapi cuaca ekstrem.

Konferensi ini diselenggarakan dan menjadi salah satu langkah penting dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dan pemerintah daerah menghadapi musim hujan yang diperkirakan akan dimulai akhir tahun ini.


Yth. Bapak/Ibu Para Mitra Iklim Kalbar

Dalam rangka diseminasi informasi Prediksi Musim Hujan 2024/2025, maka kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir dalam acara Press Conference Prediksi Musim Hujan 2024/2025 Kalimantan Barat secara virtual (daring) yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Senin, 30 September 2024
Pukul : 09.00 WIB s/d selesai
Zoom Meeting : https://link.bmkg.go.id/pmhkalbar

Meeting ID: 931 5338 0522
Passcode: PMHKalbar

Video Background Zoom : https://drive.google.com/file/d/18kQQXYHvhfT6xbEOV0No82LpLhWo8CV6/view?usp=drive_link

Demikian kami sampaikan. Atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terima kasih.

Salam,
Staklim Kalbar.


 

Udin Subari

 


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *