Kapolda Kalbar dan Media Bersinergi untuk Sukseskan Pilkada 2024 yang Aman dan Damai

Polda Kalbar
Polda Kalbar

PONTIANAK – ( POST KOTA ) : Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalimantan Barat menggelar kegiatan Silaturahmi Kamtibmas bersama Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., pejabat utama Polda Kalbar, dan awak media di Hotel Mercure, pada Selasa (1/10/2024). Kegiatan ini bertujuan memperkuat sinergi antara Polri dan media massa untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta menyukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kabidhumas Polda Kalbar, Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M., menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini, diharapkan hubungan antara Polri dan media dapat semakin erat. Informasi yang disampaikan kepada masyarakat pun menjadi lebih akurat, objektif, dan membangun.

“Sinergi ini sangat penting, terutama dalam Pilkada 2024. Kami berharap kerja sama dengan media dapat menciptakan suasana yang kondusif melalui pemberitaan yang bijak, baik di media cetak maupun media online,” ujar Kabidhumas.

Acara ini mengusung tema “Sinergitas Polda Kalbar Bersama Media Guna Mengelola Informasi yang Aktual, Faktual, dan Terpercaya dalam Rangka Terwujudnya Harkamtibmas serta Suksesnya Pilkada 2024 yang Aman dan Damai.” Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran media dalam membangun opini publik yang positif selama pelaksanaan Pilkada, terutama saat memasuki tahapan kampanye.

“Di era digital, kita dihadapkan pada fenomena viral force, di mana informasi menyebar sangat cepat melalui platform digital. Ini bisa berdampak positif atau negatif, dan peran media sangat penting untuk menyebarkan informasi yang benar dan bertanggung jawab,” jelas Kapolda.

Kapolda juga menyampaikan konsep “waves of truth” atau gelombang kebenaran, di mana di tengah arus informasi yang begitu deras, diperlukan upaya kolektif untuk memastikan bahwa kebenaran tetap menjadi pusat pemberitaan.

Selain membahas peran media, Kapolda juga memaparkan berbagai isu terkini terkait kamtibmas di Kalbar serta langkah-langkah yang diambil Polda Kalbar untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan selama Pilkada.

“Media memiliki peran strategis dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Sinergi ini sangat penting hingga akhir pelaksanaan Pilkada 2024,” tegasnya.

Acara ini diakhiri dengan diskusi interaktif antara Kapolda dan awak media, di mana para wartawan menyampaikan pertanyaan terkait isu-isu aktual yang sedang hangat dibicarakan publik. Kegiatan tersebut ditutup dengan sesi foto bersama dan ramah tamah, yang berjalan dengan lancar sebagai wujud komitmen Polda Kalbar dan media untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2024 secara aman dan kondusif.

Udin Subari.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *