Pramuka Siaga SD Negeri 9 Mempawah Hilir Gelar PERSARI, Bina Karakter Sebelum Raport

 

POST KOTA || MEMPAWAH HILIR – Gugus Depan Pattimura-Ade Irma Suryani (01.029-01.030), Pangkalan SD Negeri 9 Mempawah Hilir, menggelar kegiatan Perkemahan Satu Hari (PERSARI) di halaman sekolah, Senin (18/12/23). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 1-3 yang tergabung dalam Pramuka Siaga.

PERSARI adalah kegiatan perkemahan yang dilakukan oleh Pramuka Siaga dalam satu hari penuh, tanpa menginap. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan, kemandirian, dan kebersamaan Pramuka Siaga, serta membina karakter mereka sebelum menerima raport hasil belajar.

Ketua Mabigus Gudep Pattimura-Ade Irma Suryani, Siti Handarwati, S.Pd. M.Pd, mengatakan bahwa PERSARI merupakan salah satu program unggulan Pramuka Siaga di SD Negeri 9 Mempawah Hilir. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan potensi diri mereka, baik akademik maupun non-akademik.

“PERSARI adalah bentuk pembinaan karakter yang kami laksanakan sebelum menerima raport sekolah. Kami ingin siswa tidak hanya fokus pada nilai, tetapi juga pada sikap, perilaku, dan kreativitas. PERSARI adalah kegiatan yang menarik dan menyenangkan, namun tetap memberi semangat nilai-nilai pramuka, seperti jujur, disiplin, peduli, dan berani,” ujar Siti Handarwati.

Dalam PERSARI, siswa melakukan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, senam pramuka, permainan tradisional, lomba keterampilan, dan api unggun. Siswa juga diajarkan tentang dasar-dasar kepramukaan, seperti tanda-tanda pengenal, sandi-sandi, simpul-simpul, dan pionering.

Salah satu peserta PERSARI, Rizki, mengaku senang dan bangga bisa ikut kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa ia banyak belajar dan bermain bersama teman-temannya. Ia juga merasa lebih percaya diri dan mandiri setelah mengikuti PERSARI.

“Saya senang bisa ikut PERSARI. Saya belajar banyak hal, seperti membuat tenda, menyalakan api, dan berkomunikasi dengan sandi. Saya juga bermain banyak permainan, seperti gobak sodor, benteng, dan lompat tali. Saya merasa lebih percaya diri dan mandiri. Saya juga lebih dekat dengan teman-teman saya,” kata Rizki.

Kepala SD Negeri 9 Mempawah Hilir, Drs. H. Mulyadi, M.Pd, mengapresiasi kegiatan PERSARI yang digelar oleh Pramuka Siaga. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan Kurikulum Merdeka, yang memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka.

“Kami sangat mendukung kegiatan PERSARI ini, karena ini adalah salah satu bentuk implementasi Kurikulum Merdeka. Kami ingin siswa tidak hanya pintar di kelas, tetapi juga aktif di luar kelas. Kami ingin siswa memiliki keterampilan, karakter, dan jiwa kepemimpinan yang dibutuhkan di masa depan,” kata Mulyadi.

Mulyadi juga berharap bahwa kegiatan PERSARI ini dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain yang memiliki Pramuka Siaga. Ia berpesan agar Pramuka Siaga dapat terus berprestasi dan berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa.

“Kami berharap kegiatan PERSARI ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain yang memiliki Pramuka Siaga. Kami berpesan agar Pramuka Siaga dapat terus berprestasi dan berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan PERSARI ini, baik dari pihak sekolah, orang tua, maupun masyarakat,” tutup Mulyadi.

Penulis  : Dan.Purnama

Editor :  Abe Pers


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *