Wow…Penipu : Mengaku Guru Minta Pulsa ke Pelajar

 

Jelang Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzii dan Cap Go Meh Tahun 2023, Polres Kubu Raya Gelar Apel Pengamanan



 

Soni Miftahudin M.Pd Kepala SMKN1 Mempawah Timur - Kab. Mempawah
Soni Miftahudin M.Pd Kepala SMKN1 Mempawah Timur – Kab. Mempawah,/ postkotapontianak.com/ Usma.

MEMPAWAH – ( Post Kota) : Penipu minta pulsa, mengaku guru minta pulsa. Modus baru itu dilakukan penipu yang menyasar pelajar dengan mencatut nama guru. Penipu menelepon puluhan Siswa/i salah satu SMKN1 Mempawah Timur di Mempawah untuk meminta pulsa Minggu, ( 22/01/2023 ).

Informasi yang dihimpun, penipuan dengan mencatut nama guru ini terjadi pada puluhan pelajar SMKN1 Mempawah Timur.

Modusnya, pelaku yang memakai nomor +81268214689 mencatut nama guru SMKN 1 Mempawah Timur. Kemudian mereka menghubungi para siswa dan meminta pulsa kepada para siswa untuk meminta pulsa melalui telepon.

Diduga Nomor hp yg digunakan oleh penipu
Diduga Ini nomor yang digunakan oleh penipu minta pulsa ke Pelajar.

Ketika menelepon, penipu menyebutkan nama korban yang adalah para pelajar. Puluhan siswa ini heran karena si penelepon langsung menyebut nama siswa yang ditelepon. Setelah telepon diterima calon korbannya, pelaku kemudian menyebutkan bahwa ia adalah Guru. Pelaku langsung meminta korban untuk mengirim pulsa.

“Saya awalnya ditelepon dulu, kemudian mengaku guru SMKN 1 Mempawah Timur bernama (menyebut nama),” kata Sasa salah seorang siswi kelas X Apth, yang menjadi calon korban.

“Assalamualaikum pak
Pak saya salsa mohon maaf pak ini betul ke nomor pak?

Mohon maaf Pak, pak boleh ke saye nanyakšŸ™

Tadi betul ke bapak yg nelpon sayešŸ™
Soalnya tadi ada yang nelpon saya katanya Bapak katanya pak Kepala Sekolah minta beliin pulsašŸ™”
Terang Sasa”

Salah seorang Siswi yang lain juga ditelphone, Sengol Safitri Siwi 10 TKJ mengaku juga sempat ditelepon tapi tidak mengindahkan permintaan pulsa tersebut.

Sengol menyebut, hingga saat ini belum mendengar ada yang sampai jadi korban pelaku. Modus yang dilakukan penipu dengan menyasar siswa ini cepat menyebar dan terjadi pada puluhan siswa sehingga siswa pun mengambil kesimpulan bahwa telepon minta pulsa itu adalah modus penipuan.

“Para siswa meyakini tidak mungkin ada guru berperilaku minta-minta pulsa kepada siswa,” aku Sengol.

Menurut Kepsek SMKN 1 Mempawah, membenarkan kejadian tersebut. Bahwa ada yang mangaku sebagai guru untuk minta pulsa dengan siswa- siswi, aksi yang dilakukan penipuan dengan berdalih sebagai guru ternyata seorang penipu, jelasnya.

Kejadian ini langsung didengar oleh para guru. Dewan guru juga langsung menginformasikan lewat grup masing-masing kelas untuk tidak mempercayai penelepon yang mengatasnamakan guru yang meminta pulsa tersebut, ungkap Soni

“Mohon hati-hati, penipu telepon ke Siswa/i minta pulsa,” ucap Sony Miftahudin, SP., M.Pd Kepala SMKN1 Mempawah Timur – Kab. Mempawah, mengingatkan pada Siswa-siswi./*

din / us.



WAKIL GUBERNUR KALBAR SAMBUT BAIK KEGIATAN MUSDA DEWAN ADAT DAYAK (DAD) KALBAR


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *