Bujang Dare Kabupaten Mempawah Gelar Anjangsana Ke Istana Amantubillah

 

POST KOTA : MEMPAWAH || Sebagai bentuk apresiasi dan pelestarian terhadap kebudayaan lokal, Bujang Dare Kabupaten Mempawah mengadakan anjangsana ke Istana Amantubillah.
Senin, (25/12/23)

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 30 orang anggota Bujang Dare & perwakilan berbagai organisasi di Kabupaten Mempawah.

Anjangsana ini dimaksudkan untuk mengenal lebih dekat sejarah dan budaya yang ada di Istana Amantubillah, yang merupakan salah satu situs bersejarah di Kalimantan Barat. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara anggota Bujang Dare dan masyarakat sekitar.

Ketua Bujang Dare Kabupaten Mempawah Periode 2023-2024, Ramadan Purnama, mengatakan bahwa anjangsana ini merupakan salah satu program kerja yang telah direncanakan sejak awal. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kecintaan terhadap kebudayaan lokal.

“Kami ingin menunjukkan bahwa Bujang Dare tidak hanya sekedar ajang kontes kecantikan dan ketampanan, tetapi juga memiliki tanggung jawab sosial dan budaya. Kami ingin menjadi duta kebudayaan Kabupaten Mempawah yang dapat mempromosikan dan melestarikan warisan leluhur kita,” ujarnya.

Dalam anjangsana ini, anggota Bujang Dare mendapat kesempatan untuk berkeliling Istana Amantubillah dan melihat berbagai koleksi benda-benda peninggalan Kerajaan Mempawah. Mereka juga mendapat penjelasan dari pemandu wisata tentang sejarah dan makna di balik setiap benda yang ada di istana.

Salah satu anggota Bujang Dare, mengaku senang dan bangga bisa mengikuti anjangsana ini. Ia mengaku banyak belajar tentang sejarah dan budaya Kabupaten Mempawah yang kaya dan beragam.

“Anjangsana ini sangat bermanfaat dan menyenangkan. Saya merasa lebih mengenal dan mencintai kebudayaan saya sendiri. Saya juga bersyukur bisa bertemu dan berinteraksi dengan teman-teman Bujang Dare lainnya yang memiliki semangat yang sama,” katanya.

Anjangsana ini ditutup dengan acara ramah tamah dan foto bersama di halaman Istana Amantubillah.

Anggota Bujang Dare berharap kegiatan ini dapat menjadi awal dari kerjasama dan kegiatan positif lainnya yang dapat mengangkat kebudayaan Kabupaten Mempawah.

Abe Pers.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *