Seleksi Atlet, Pengprov Gelar Perdana Open Liga Muaythai

Seleksi Atlet, Pengprov Gelar Perdana Open Liga Muaythai

POST KOTA  || PONTIANAK РSuasana Gedung Olahraga (GOR) Pangsuma Pontianak menjadi semarak dengan digelarnya Open Liga Muaythai Se-Kalimantan Barat pada Sabtu, 15 Desember 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh Pengurus Provinsi Muaythai Kalimantan Barat untuk memperkenalkan olahraga bela diri asal Thailand ini kepada masyarakat, sekaligus menyeleksi atlet-atlet yang akan mewakili Kalbar di Pekan Olahraga Nasional (PON) mendatang.

Ketua Pengprov Muaythai Kalbar, Marten Luther, S.Sos, mengatakan bahwa Open Liga Muaythai West Borneo 2023 ini diikuti oleh sekitar 200 peserta dari berbagai klub dan perguruan Muaythai di Kalbar. Mereka akan bertanding dalam berbagai kelas dan kategori, mulai dari usia dini hingga dewasa, baik putra maupun putri.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kami dapat menemukan bibit-bibit unggul Muaythai di Kalbar yang dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Kami juga ingin mengembangkan olahraga ini di Kalbar, karena Muaythai tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan dan pertahanan diri, tetapi juga mengandung nilai-nilai sportivitas, disiplin, dan kebersamaan,” ujar Marten Luther.

Marten Luther menambahkan bahwa Kalbar saat ini memiliki dua atlet andalan yang sudah dipersiapkan untuk mengikuti PON. Mereka adalah **Rizky Fadillah** dan **Nurul Aini**, yang merupakan juara nasional Muaythai. Keduanya telah mengikuti pelatihan khusus di Malaysia selama tiga bulan, dan akan melanjutkan pelatihan di Thailand selama dua bulan.

“Kami optimis bahwa atlet-atlet kami dapat memberikan yang terbaik di PON nanti. Target kami adalah dapat menyumbangkan minimal dua medali emas untuk Kalbar dari cabang olahraga Muaythai. Kami juga berharap dapat menambah jumlah atlet yang lolos ke PON dari hasil seleksi di Open Liga Muaythai ini,” tegas Marten Luther.

Selain menggelar Open Liga Muaythai, Pengprov Muaythai Kalbar juga melantik pengurus daerah dan kabupaten/kota se-Kalbar yang baru. Pelantikan ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalbar, Dra. Linda Purnama, M.Si. Linda Purnama mengapresiasi langkah Pengprov Muaythai Kalbar dalam mengembangkan olahraga ini di daerah.

“Pemerintah Provinsi Kalbar sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pengprov Muaythai Kalbar. Kami berharap dengan adanya pengurus yang baru, olahraga Muaythai dapat semakin maju dan berkembang di Kalbar, serta dapat mengharumkan nama daerah di kancah nasional. Kami juga berharap atlet-atlet Muaythai Kalbar dapat berprestasi di PON dan menginspirasi generasi muda Kalbar untuk gemar berolahraga,” kata Linda Purnama.

Linda Purnama mengaku bahwa dirinya belum terlalu familiar dengan olahraga Muaythai, tetapi ia terkesan dengan semangat dan prestasi atlet-atlet Kalbar yang telah menorehkan nama di ajang-ajang bergengsi. Ia berpesan agar atlet-atlet Muaythai Kalbar tetap menjaga kesehatan, disiplin, dan sportivitas dalam berlatih dan bertanding.

Open Liga Muaythai West Borneo 2023 ini juga dihadiri oleh perwakilan Pengurus Bela Diri Muaythai dari negara tetangga, Brunei Darussalam dan Malaysia, serta pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Minggu, 17 Desember 2023. (Juanda).

Heri.

Abe Pers .


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *