Pengamat Hukum Apresiasi Penindakan Tegas Kapolda Kalbar

Dr. Herman Hofi Munawar
Dr. Herman Hofi Munawar

POST KOTA РPONTIANAK 

Sabtu, 28 Januari 2024 – Pengamat hukum Herman Hofi Munawar mengapresiasi langkah tegas Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto dalam menindak oknum polisi yang melanggar hukum dan kode etik.

“Saya sebagai warga Kalimantan Barat sangat bangga dengan sikap tegas Kapolda Kalbar. Langkah-langkah yang diambilnya sangat tepat untuk menjaga marwah institusi Polri,” kata Herman saat dihubungi wartawan, Minggu (28/1/2024).

Dia menilai, langkah Kapolda Kalbar tersebut sudah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Hal ini terlihat dari keputusannya untuk memberhentikan beberapa anggota polisi dengan tidak hormat, serta membentuk tim khusus untuk mendalami kasus dugaan penganiayaan terhadap RF di Kabupaten Ketapang.

“Langkah-langkah Kapolda Kalbar ini juga menunjukkan bahwa Polri tidak main-main dalam menindak oknum-oknum yang melanggar hukum. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi masyarakat,” kata Ketua Pemilik LBH.

Mantan Anggota DPRD Kota Pontianak ini, berharap, penindakan tegas terhadap oknum polisi yang melanggar hukum dan kode etik tidak hanya dilakukan terhadap anggota polisi berpangkat bintara, tetapi juga terhadap perwira dan pimpinannya.

“Penindakan tegas harus dilakukan secara adil dan transparan, tanpa pandang bulu. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri,” jelasnya.

Selain itu Dia  juga berharap, langkah Kapolda Kalbar ini dapat menjadi contoh bagi Kapolda-Kapolda di daerah lainnya.

“Saya berharap Kapolda-Kapolda di daerah lainnya juga dapat meniru langkah Kapolda Kalbar. Hal ini penting untuk menjaga marwah institusi Polri,” pungkas Dr. Herman Hofi Munawar.

Abe Pers.

Caleg



Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *