Tanah Wakaf di Kalbar: Potensi Besar, Pengelolaan Bermasalah

Dr. Herman Hofi Munawar
Dr. Herman Hofi Munawar

POST KOTA : Pontianak, Kalimantan BaratJumlah tanah wakaf di Kalimantan Barat cukup banyak, baik yang bersifat produktif maupun tidak. Namun, banyak yang tidak termanfaatkan dengan baik. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Herman Hofi Munawar, Pengamat Kebijakan Publik Kalbar.

“Masyarakat juga seharusnya peduli dengan Tanah Wakaf karena pada dasarnya wakaf, termasuk tanah wakaf adalah hak publik sesuai dengan peruntukan nya,” katabya. Senin (8/4/2024).

 

PMII Rayon Habib Husein Mempawah Gelar Bakti Sosial untuk Anak Yatim Menjelang Idul Fitri

Saat ini, pengelolaan wakaf di Kalbar masih memprihatinkan. Banyak tanah wakaf yang diperuntukkan bagi publik, namun diubah peruntukannya bahkan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi oknum nadzir atau takmir.

“Kondisi ini harus mendapatkan perhatian Kementerian Agama, Pemda, dan bahkan pengawasan dari masyarakat,” tegas Herman.

 

Tugboat TB.Mantap Tenggelam dalam Pengawasan Lanal Ketapang

Masyarakat berhak mengawasi penggunaan wakaf agar sesuai dengan amanah pewakaf. Jangan sampai wakaf digunakan untuk kepentingan pribadi.

Pengelolaan wakaf harus diawasi publik agar tidak terjadi penyelewengan. Yayasan yang mengelola wakaf harus mempertanggungjawabkan keuangan dan aset wakaf.

 

Kekecewaan Pengunjung Terhadap Layanan Rumah Makan Ikan Bakar Muara

“Pengelolaan wakaf harus transparan dan akuntabel,” kata dia.

Tanah wakaf yang belum tercatat harus segera diajukan ikrar wakaf tertulis di KUA dan tercatat di Kementerian Agama. Sertifikasi tanah wakaf dari BPN juga diperlukan untuk menghindari sengketa.

“Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk membenahi pengelolaan tanah wakaf dan wakaf produktif lainnya,” ujar Herman.

Kasus Tanah Lili Santi Hasan: Tunggu Penetapan Tersangka Pemalsuan Dokumen

 

Warga memiliki hak untuk melaporkan oknum yang menjual atau mengalihkan tanah wakaf kepada pihak berwajib.

Udien Subarie.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *