Memaknai Hari Kesaktian Pancasila: Perekat Persatuan Bangsa

Pancasila
Pancasila/ foto istimewa.

PONTIANAK ( POST KOTA ), 1 Oktober 2024 – Hari ini, Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober. Peringatan ini menjadi momen untuk kembali meneguhkan komitmen seluruh elemen bangsa terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara.

Sejak dicanangkannya Hari Kesaktian Pancasila, tanggal ini menjadi simbol kuatnya ideologi negara dalam menghadapi berbagai tantangan, baik dari dalam maupun luar negeri. Pancasila tidak hanya sekadar panduan berbangsa dan bernegara, tetapi juga perekat persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman suku, agama, dan budaya di Indonesia.

Upacara peringatan dilaksanakan di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Mempawah, sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah menjaga tegaknya Pancasila. Di tingkat nasional.

Hari Kesaktian Pancasila menjadi pengingat bahwa ideologi Pancasila tetap relevan dalam menghadapi tantangan zaman dan harus terus diperjuangkan untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa, Demikian yang disampaikan Susanto, SE, ME.

Udin Subari.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *