BMKG Mempawah: Hujan Lebat Landa Kalimantan Barat, Banjir Terjadi di Pengakadan Kapuas Hulu

BMKG
BMKG

Mempawah, ( POST KOTA ), – Berdasarkan laporan dari BMKG Stasiun Klimatologi Mempawah, curah hujan di wilayah Provinsi Kalimantan Barat dari tanggal 4 Oktober 2024 pukul 07.00 WIB hingga 5 Oktober 2024 pukul 07.00 WIB menunjukkan adanya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Namun, beberapa daerah dilaporkan mengalami hujan lebat hingga sangat lebat. Sabtu 5 Oktober 2024.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Mempawah, Luhur Tri Uji Prayitno, menyampaikan bahwa intensitas hujan lebat hingga sangat lebat terjadi di beberapa wilayah, salah satunya di daerah Pengakadan, Kapuas Hulu. “Berdasarkan laporan dari pengamat pos hujan, banjir terjadi di daerah Pengakadan semalam, namun kondisi air sudah surut pada pagi hari ini,” ungkap Luhur.

Sebaran hujan ini dipantau langsung oleh BMKG Mempawah yang berlokasi di Jalan Raya Sei Nipah KM 20.5, Jungkat, Kabupaten Mempawah. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi banjir di wilayah yang sering terdampak curah hujan tinggi.

Menurut Luhur, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah Kalimantan Barat dalam beberapa hari ke depan. “Kami akan terus memantau perkembangan cuaca dan memberikan informasi secara berkala kepada masyarakat,” tutupnya.

Sumber: BMKG Stasiun Klimatologi Mempawah

Udin Subari.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *